Minggu, 09 Juni 2013

4 Masalah Bimbingan Konseling



 Masalah Belajar
   Masalah belajar merupakan suatu kondisi tertentu yang dialami peserta didik dan menghambat kelancaran prose belejarnya.  Salah satu jenis masalah yang di anggap serius karena belajar merupakan inti dari pendidikan. Dalam hal ini masalah belajar menyangkut motivasi belajar siswa yang dapat mempengaruhi kemajuan belajar peserta didik, oleh karena itu di sekolah perlu adanya layanan bimbingan yang membantu mengatasi masalah yang dihadapi siswa maka Konselor betul-betul memberikan bimbingan yang sesuai dengan keadaan anak.
   Jadi maslah belajar adalah masalah yang ada kaitannya dengan kesulitan belajar yang dialami klien. Dalam hal ini bisa di identifikasi sehingga dapat ditemukan letak dan jenis kesulitan belajar klien dengan melalui pemeriksaan dan pengkajian secara cermat terhadap sebab-sebab terjadinya kesulitan belajar, serta faktor-faktor lain yang ikut berpengaruh. Kriteria yang lazim di pakai sebagai patokan untuk menunjukkan adanya kesulitan belajar yang dialami klien antara lain adalah berdasarkan: tujuan pendidikan, kedudukan klien dalam kelompoknya, perbandingan antara potensi dan prestasi, serta pola perilaku.
 Masalah Pribadi
   Adalah berbagai macam masalah yang dialami seseorang yang menyebabkan berubahnya sikap dan tindakan seseorang itu baik perubahan perilaku, psikis, atau mentalnya. Dalam hal ini bisa di identifikasi sehingga dapat diperoleh pemahaman mengenai hal-hal yang khas dan unik yang menjadi pusat masalah. Untuk itu perlu diungkap latar belakang timbulnya masalah, sebab-sebab khusus yang menimbulkan kesulitan, kecenderungan-kecenderungan, dorongan-dorongan  dan ungkapan dari emosi, perasaan, pikiran serta factor-faktor yang ikut memperberat atau memperingan masalah.
   Masalah pribadi solusinya adalah dengan memberikan dorongan untuk mengintrospeksi diri dari sikapnya selama ini terhadap teman-temannya, guru dan keluarganya. Dan memberi masukan bagaimana sikap yang baik terhadap orang yang ada di sekitar kita.        

Masalah Sosial
   Adalah pada dasarnya mengarah pada masalah yang berhubungan dengan orang lain, inti permasalahan adalah masalah social. Dalam identifikasinya perlu pemahaman terhadap masalah sosialnya, kondisi-kondisi yang benar-benar perlu dihadapi, serta taraf hambatan, yang menimbulkan kesulitan terutama diukur dari kondisi klien.
   
   Masalah sosial muncul akibat terjadinya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada. Yang dapat menjadi sumber masalah sosial yaitu seperti proses sosial dan bencana alam. Adanya masalah sosial dalam masyarakat ditetapkan oleh lembaga yang memiliki kewenangan khusus seperti tokoh masyarakat, pemerintah, organisasi sosial, musyawarah masyarakat, dan lain sebagainya.
   Masalah sosial dapat dikategorikan menjadi 4 (empat) jenis faktor, yakni antara lain           :
1.      Faktor Ekonomi : Kemiskinan, pengangguran, dll.      
2.      Faktor Budaya : Perceraian, kenakalan remaja, dll.     
3.      Faktor Biologis : Penyakit menular, keracunan makanan, dsb.
4.      Faktor Psikologis : penyakit syaraf, aliran sesat, dsb.

Masalah Karir
   Adalah masalah yang berhubungan dengan pekerjaan atau karirnya. Dalam hal ini agar dapat diperoleh pemahaman tentang inti atau hakekat masalah klien, maka perlu dilakuaka pemeriksaan dan analisis secara cermat terhadap latar belakang masalah, factor-faktor yang menyebabkan terjadinya masalah, kecenderungan-kecenderungan dan arah karir klien, serta factor-faktor lain yang ikut berperan atau berpengaruh baik positif maupun negative.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar